Artikel

Berkemah bersama Anak, Yuk!
Berkemah bersama Anak, Yuk!

Rasa bosan atau jenuh biasanya jadi pendorong yang paling kuat ketika keluarga memutuskan untuk pergi berlibur. Nah, mumpung akhir pekan, Ayah-Bunda mau ajak anak-anak kemana nih?

Bagaimana kalau ajak mereka berkemah bersama? Tidur di tenda, membuat api unggun, memasak dengan kayu bakar, dan masih banyak hal seru yang bisa Ayah-Bunda lakukan bersama looh...

 

Berbagai Manfaat Mengajak anak berkemah bersama

Meskipun berkemah identik dengan udara dingin dan membutuhkan persiapan yang cukup banyak, semangat Ayah-Bunda untuk mengajak mereka tidak hilang kan? Tahukah Ayah-Bunda, Ternyata berkemah punya banyak manfaat loh. Agar lebih yakin untuk mengajak mereka berkemah bersama, yuk disimak beberapa manfaatnya.

1. Melatih ketahanan fisik anak

Ketahanan fisik anak tentu tidak sebaik orang dewasa, mereka lebih rentan dengan udara luar. Akan tetapi, anak yang sering diajak untuk berkemah dan bertemu dengan udara luar akan membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal, sehingga ketahanan fisik mereka juga akan semakin membaik.

2. Anak menjadi lebih percaya diri

Membuat anak percaya diri bisa dengan cara mengenalkan lingkungan baru kepada mereka loh Ayah-Bunda. Dengan suasana dan lingkungan baru, mereka akan bertanya tentang ini dan itu. Selain itu, karena berada di luar ruangan, mereka pun dapat bebas melakukan sesuatu dan menjadi lebih aktif serta percaya diri.

3. Membiasakan anak jauh dari gadget

Saat ini yang terjadi di sekitar kita ialah anak-anak yang mulai kecanduan dengan gadget. Nah, dengan sering mengajak berkemah, mengenalkan alam, dan lingkungan baru kepada mereka, anak-anak pun juga akan mulai terbiasa hidup tanpa gadget. Mereka tentu akan lebih tertarik tentang alam yang baru saja mereka jumpai saat berkemah.

4. Mempertemukan anak dengan teman baru

Biasanya saat berkemah, kita juga akan bertemu dengan keluarga-keluarga lainnya. Anak-anak tentu akan bertemu dengan anak lainnya. Dari sini Ayah-Bunda bisa mengajak anak untuk berkenalan dengan teman baru mereka.

 

Persiapkan berbagai Hal ini sebelum berkemah, Ayah-Bunda

Ingin berkemah bersama anak menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka? Sebaiknya Ayah-Bunda lakukan persiapan yang matang sebelum berangkat yaaa. Ini beberapa kiatnya, disimak yaa

1. Survey tempat

Ayah-Bunda bisa bertanya kepada teman-teman atau mencari informasi di ‘mesin pencari’ di mana tempat berkemah yang seru dan lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.

2. Diskusi bersama anak

Beberapa hari sebelum berangkat, Ayah-Bunda perlu menceritakannya kepada anak bahwa akan berkemah. Akan lebih baik jika dapat berdiskusi dengan mereka, dengan memperkenalkan apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat berkemah.

3. Persiapkan barang-barang

Bawalah baju ganti secukupnya, selimut dan bantal kecil, sleeping bag, peralatan mandi, lotion anti nyamuk, air mineral, makanan dan minuman ringan, senter, sendal jepit atau sepatu sandal karet, serta mainan dan buku cerita, seperti paket buku Halo Balita, untuk menemani mereka menjelang tidur.

 

Bagaimana Ayah-Bunda, siap untuk berkemah akhir pekan ini bersama anak-anak?


Comments on - Berkemah bersama Anak, Yuk!
-->